Minggu, 27 November 2016

Desa Sumur Kumbang Benahi Kwalitas Perairan



KALIANDA – Mengalirnya Dana Desa (DD) termin ke-II tahun 2016 membuat sejumlah desa yang ada di Lampung Selatan (Lamsel) berbenah diri.
Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Desa Sumur Kumbang Kecamatan Kalainda Kabupaten setempat yang memanfaatkan Dana Desa untuk memebenahi kualitas perairan didesa tersebut.

Sebab, meski letaknya yang berada tepat dikaki Gunung Rajabasa,  sejak beberapa tahun belakangan desa itu dimusim kemarau kerap kekurangan air. Untuk  memperbaiki hal itu, berdasarkan musyawarah dengan masyarakat setempat,  Desa Sumur Kumbang memutuskan untuk membuat saluran air yang lebih layak atau pipanisasi, sebab selama ini masyarakat setempat hanya menggunakan selang untuk mengalirkan air dari mata air dari sumber mata air di desa itudan kerap mengalami masalah saat kemarau.

“Salah satu yang telah kita rencanakan memang untuk pipanisasi ini. Nantinya seluruh rumah warga akan dipasang keran yang mengalirkan air dari sumber-sumber air yang kita miliki.” Kata Kepala Desa Sumur Kumbang Shobri Mukhni.

Selain agar aliran didesa tersebut air tidak lagi mengalami masalah, pipanisasi tersebut juga nantinya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) sesuai dengan apa yang digadang-gadang oleh Bupati Lamsel Dr. H. Zainudin Hasan, M. Hum agar setiap desa memiliki BUMDES.

Diharapkan dengan adanya pipanisai, nantinya  369 Kepala Rumah tangga yang ada di desa tersebut akan memiliki aliran air yang baik, sehingga tidak ada kendala lagi terutama saat memasuki musim kemarau.“harapan kita nantinya semua warga dapat menikmati apa yang kita buat.” kata Shobri.

Selain itu, dalam proses pipanisasi itu, desa tersebut juga setidaknya melibatkan 23 orang pekerja dari desa itu sendiri.
“kita memakai tenaga warga kita sendiri, dengan begini semua dapat manfaat dari apa yang kita kerjakan. (Kur)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI